Pelatihan Wira Usaha - Kursus Tristar
Jln. Prapen Indah J5
Jln. Raya Rungkut Mapan Blok Fa no 3
Jln. Ruko Panjang Jiwo Permai Blok AB
SURABAYA

Kursus di Surabaya




Jakarta - Kampus Tristar BSD
S1 Culinary Business
Telp: 021-5380668.
HP: 081286358533. PIN BB: 2A96E298.
Fax: 021-53155652.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Serpong - Tangerang

Surabaya - Graha Tristar
Jln. Raya Jemursari 244 Surabaya.
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
D4 Perhotelan & Pariwisata
S2 Pariwisata

West Campus - Gedung IEU
Raya Dukuh Kupang 157B
S1 International Culinary Business


Kampus B Tristar
Kuliah Hemat Biaya
Jl. Kaliwaron 58-60, Surabaya
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
S1 Culinary Business

Informasi
Telp. +62-31 8433224 & 8433225. HP. 08233752227 - 081234506326.
PIN BB: 2A6A1F4E - 2B425821T

Sekolah Kuliner - Akademi Perhotelan - Tristar Culinary Institute



Ice Carving @ Tristar Culinary Institute


Fruit & Vegetable Carving @ Tristar Cooking School



Ekstra Kurikuler Tataboga - SMA Stella Maris




Resep Video Gratis: Cara Membuat Cup Cakes



Cara Membuat Mie - Tristar Culinary Academy



Galeri Foto Akademi Pariwisata Tristar

Pages

Rabu, 08 September 2010

Pelatihan Membuat Makanan Ringan Sebagai Peluang Wirausaha




Pelatihan wirausaha satu ini sangat diminati oleh berbagai kalang terutama kaum wanita. Namun kaum pria juga mulai banyak yang mengikuti pelatihan pembuatan makanan ringan. Bertempat di Balai Desa Morowudi – Kec. Cerme Gersik, beberapa warga Desa Morowudi mendapat kesempatan mengikuti pelatihan membuat makanan ringan bersama instruktur Endang Sri Rahajoe dan team dari Lembaga Kursus Tristar untuk berbagi ilmu mendemokan 3 macam resep makanan ringan (Soes Keju Kering, Telur Gabus & Amplang). Apa serunya dari acara pelatihan membuat makanan ringan yang didemokan kali ini ?

Acara pelatihan membuat makanan ringan yang digelar khusus untuk pembinaan industri kerajinan masyarakat (IKM) dari Dinas Koperindag Kab. Gresik ini sangat menarik diikuti dan disambut antusias oleh semua peserta. Pasalnya, materi yang diajarkan bisa digunakan sebagai bentuk peluang wirausaha.

Menurut Ibu Endang dari Dinas Koperindag Kab. Gresik “Acara pembinaan industri ini untuk berbagi pengetahuan serta inovasi kepada warga khususnya yang ada di Desa Morowudi sehingga mereka bisa mempertajam kemampuannya di bidang industri makanan. Dengan mengundang team dari Lembaga Kursus Tristar untuk menyampaikan materi makanan ringan, maka diharapkan materi yang didemokan ini bisa menciptakan peluang usaha” ungkapnya.

Bersama para instruktur dari Lembaga Kursus Tristar, peserta pelatihan diajak untuk berbagi pengetahuan pembuatan 3 macam makanan ringan yang cocok untuk usaha. Sesuai dengan permintaan, makanan ringan yang diajarkan yaitu Soes Keju Kering, Telur Gabus dan Amplang. Dan satu lagi, dalam pelatihan ini peserta juga diajarkan bagaimana cara pengemasan makanan kering agar lebih awet, menarik dan berdaya jual. Penasaran, kan ?

“Untuk membuat 3 (tiga) produk makanan ini sebenarnya tidak susah, tetapi membutuhkan ketelatenan, seperti pada saat membentuk dan memasaknya. Jika soes kering cukup disemprotkan kecil-kecil, lalu telur gabus dipilin-pilin dan amplang cukup dipotong-potong. Nah, untuk memasaknya agar mendapatkan hasil yang sempurna tentu saja ada tahapan yang harus perhatikan, yang paling penting adalah ketepatan dalam pengukuran suhu untuk memanggang soes kering, lalu panas minyak untuk menggoreng telur gabus dan amplang. Sebisa mungkin untuk pengukuran panas bisa menggunakan thermometer” jelas instruktur Endang Sri Rahajoe.

Tanpa canggung instruktur Endang Sri Rahajoe langsung memberikan penjelasan mengenai materi yang disampaikan. Pelatihan membuat Soes Keju Kering, Telur Gabus dan Amplang tak hanya sekedar dijelaskan mengenai cara membuatnya saja melainkan para peserta juga diajak praktik langsung.

Dengan dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing kelompok dipandu oleh  instruktur, yaitu Endang Sri Rahajoe, Nurul dan Niken, sehingga praktek ini makin terasa seru.  Di sela-sela proses pelatihan, para peserta juga bisa langsung mengajukan pertanyaan seputar materi dan masing-masing instruktur pun segera memberikan jawaban yang jelas dari pertanyaan tersebut.

Tak lama kemudian, proses pembuatan Soes Keju Kering, Telur Gabus dan Amplang sudah selesai, dan para instruktur pun segera menunjukkan hasil jadinya. Yang serunya lagi para peserta latihan juga bisa mencicipi hasil praktek yang kala itu juga dibagikan.

“Yang pasti acara ini menarik sekali, beruntung kita bisa belajar dan menambah pengetahuan. Trus, hasil jadinya sangat enak lho.... pokoknya seru dan tidak rugi waktu ikutan pelatihan membuat Soes Keju Kering, Telur Gabus dan Amplang ini” ungkap ibu lurah dan semua peserta yang datang.

Susahkah belajar membuat produk Soes Keju Kering, Telur Gabus dan Amplang? Tidak ada kata susah untuk belajar. Dengan instruktur yang profesional dan berpengalaman, serta didukung dengan peralatan standar home industri yang gampang ditemui ini, diharapkan peserta pelatihan bisa membuat berbagai macam produk yang bercitarasa tinggi dan layak jual. Jadi tunggu apalagi, Lembaga Kursus Tristar bisa menjadi pilihan yang tepat untuk tempat belajar kursus. *Upi



Anda ingin Kursus Home Industri dalam bidang Food Product, Cosmetic Product, Souvenir, Handicraft,  info lebih lanjut hubungi atau datang di:

Lembaga Kursus Tristar
Surabaya || Jl. Prapen Indah J-5
                       Panjang Jiwo Permai Blok AB       
Telp. (031) 8438839, 0812 3450 6352, 0857 3105 1010
Pin. 539A64B6
www.infomesin.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar