Pelatihan Wira Usaha - Kursus Tristar
Jln. Prapen Indah J5
Jln. Raya Rungkut Mapan Blok Fa no 3
Jln. Ruko Panjang Jiwo Permai Blok AB
SURABAYA

Kursus di Surabaya




Jakarta - Kampus Tristar BSD
S1 Culinary Business
Telp: 021-5380668.
HP: 081286358533. PIN BB: 2A96E298.
Fax: 021-53155652.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Serpong - Tangerang

Surabaya - Graha Tristar
Jln. Raya Jemursari 244 Surabaya.
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
D4 Perhotelan & Pariwisata
S2 Pariwisata

West Campus - Gedung IEU
Raya Dukuh Kupang 157B
S1 International Culinary Business


Kampus B Tristar
Kuliah Hemat Biaya
Jl. Kaliwaron 58-60, Surabaya
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
S1 Culinary Business

Informasi
Telp. +62-31 8433224 & 8433225. HP. 08233752227 - 081234506326.
PIN BB: 2A6A1F4E - 2B425821T

Sekolah Kuliner - Akademi Perhotelan - Tristar Culinary Institute



Ice Carving @ Tristar Culinary Institute


Fruit & Vegetable Carving @ Tristar Cooking School



Ekstra Kurikuler Tataboga - SMA Stella Maris




Resep Video Gratis: Cara Membuat Cup Cakes



Cara Membuat Mie - Tristar Culinary Academy



Galeri Foto Akademi Pariwisata Tristar

Pages

Kamis, 09 September 2010

Belajar Menghias Tart - Kelas Patiseri - Sekolah Chef - Tristar Culinary Institute

Sesuai dengan sistem yang diusung oleh TRISTAR Culinary Institute yaitu menerapkan sistem perkuliahan dengan 40% teori dan 60% praktik maka hal ini juga terlihat dalam jalannya perkuliahan jurusan Patiseri (Baking & Pastry) kali ini. Perkuliahan yang berjalan pada hari Selasa (11/05) ini diajarkan mengenai cara pembuatan cake hias dengan tema special cake.







Perkuliahan yang dimulai pukul 8 pagi ini diawali dengan pemberian materi (teori) terlebih dahulu yang hanya berlangsung selama 1 jam. Setelah itu, para mahasiswa kelas pastry ini diajak untuk praktik bersama. Bertindak selaku pengajar, Pak Otje mulai memberikan pengarahan mulai dari cara membentuk cake hingga cara-cara menghias cake. Ada 3 macam cake hias dengan tema spesial cake yang dipraktikkan kali ini yaitu cake untuk paskah (cross cake), mother’s day cake dan juga father’s day cake.







Mahasiswa yang terdiri dari 15 orang ini dibagi dalam 3 kelompok. Kelompok pertama ditugaskan untuk membuat mother’s day cake, kelompok kedua ditugaskan untuk membuat cross cake dan kelompok ketiga ditugaskan untuk membuat fatrher’s day cake.










Cukup menarik memang untuk mengikuti kelas perkuliahan ini, karena para mahasiswa dari kelompok yang satu juga bisa ikut mencoba bergabung dalam mempraktikkan kue yang dipraktikkan oleh kelompok yang lain. Sehingga mahasiswa tidak hanya bisa membuat kue yang hanya dipraktikkannya tetapi juga bisa mendapat tambahan ilmu dari kelompok yang lain.
























“Sistem mengajar kami agar mahasiswa cepat terampil adalah dengan sistem praktik setiap hari” jelas Pak Otje selaku pengajar.







Di akhir pembuatan cake hias yang hiasanya terbuat dari bahan butter cream ini akhirnya terlihat jelas hasil cake yang ditampilkan tampak begitu cantik. Cake hias dengan tema mother’s day cake, dibentuk menyerupai topi dengan hiasan bunga yang menawan.





Sedangkan cake hias dengan tema father’s day cake dibentuk menyerupai baju dan untuk Cross cake tentu berbentuk salib dengan hiasan bunga yang cantik.























Tak hanya di-display saja, cake yang sudah jadi dan dihias cantik ini juga bisa dinikmati oleh para mahasiswa di akhir perkuliahan. Sehingga para mahasiswa bisa langsung merasakan perbedaan masing-masing cake yang sudah dipraktikkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar