Pelatihan Wira Usaha - Kursus Tristar
Jln. Prapen Indah J5
Jln. Raya Rungkut Mapan Blok Fa no 3
Jln. Ruko Panjang Jiwo Permai Blok AB
SURABAYA

Kursus di Surabaya




Jakarta - Kampus Tristar BSD
S1 Culinary Business
Telp: 021-5380668.
HP: 081286358533. PIN BB: 2A96E298.
Fax: 021-53155652.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Serpong - Tangerang

Surabaya - Graha Tristar
Jln. Raya Jemursari 244 Surabaya.
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
D4 Perhotelan & Pariwisata
S2 Pariwisata

West Campus - Gedung IEU
Raya Dukuh Kupang 157B
S1 International Culinary Business


Kampus B Tristar
Kuliah Hemat Biaya
Jl. Kaliwaron 58-60, Surabaya
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
S1 Culinary Business

Informasi
Telp. +62-31 8433224 & 8433225. HP. 08233752227 - 081234506326.
PIN BB: 2A6A1F4E - 2B425821T

Sekolah Kuliner - Akademi Perhotelan - Tristar Culinary Institute



Ice Carving @ Tristar Culinary Institute


Fruit & Vegetable Carving @ Tristar Cooking School



Ekstra Kurikuler Tataboga - SMA Stella Maris




Resep Video Gratis: Cara Membuat Cup Cakes



Cara Membuat Mie - Tristar Culinary Academy



Galeri Foto Akademi Pariwisata Tristar

Pages

Jumat, 04 Februari 2011

Pelatihan Bisnis Kuliner - Kursus Aneka Nasi Goreng untuk Usaha

          
ANEKA NASI GORENG LEZAT DALAM PELATIHAN KULINER DI TRISTAR CULINARY ACADEMY

  Nasi Goreng merupakan makanan khas Indonesia yang sangat populer di masyarakat. Tak hanya dijual oleh pedagang kaki lima saja, nasi goreng juga banyak menjadi menu andalan di berbagai restoran ataupun hotel berbintang. Terlebih lagi kini nasi goreng semakin banyak variasi bahan yang digunakan sebagai campurannya. Citarasa nasi goreng yang bervariasi itulah yang membuat banyak orang penasaran akan bumbu dan bahan rahasia yang digunakan oleh para pelaku kuliner. Dengan alasan itulah, maka Tristar Culinary Institute yang beralamatkan di Jl. Raya Jemursari no.234 Surabaya mengadakan pelatihan ataupun kursus dengan tema Aneka Nasi Goreng. Acara pelatihan ataupun kursus yang diadakan pada hari Rabu (3/11) ini dimulai tepatnya pada pukul 13.30 WIB. Dalam pelatihan yang diajarkan oleh Yanuar Kadaryanto ini, para peserta yang terdiri dari 4 orang ini akan diajarkan cara membuat 4 macam nasi goreng. 




     Adapun nasi goreng yang akan dipraktikkan dalam pelatihan kali ini adalah Nasi Goreng Tom Yam, Nasi Goreng XO, Nasi Goreng Jawa dan Nasi Goreng Seafood. Sebelum para peserta mempraktikkan materi yang diajarkan dalam pelatihan ini, terlebih dahulu para peserta akan diberikan penjelasan tentang seputar bahan dan cara pengolahan nasi goreng yang akan dibuat. Hal ini sengaja dilakukan sebelum praktik dimulai agar para peserta lebih konsentrasi dengan penjelasan yang diberikan oleh pengajar. Setelah beberapa saat, maka penjelasan pun selesai diberikan. Yanuar pun segera memberikan tugas kepada masing-masing peserta kursus agar nantinya para peserta bisa mempraktikkan 1 macam materi yang ditugaskan. 









     Mengikuti pelatihan ataupun kursus kuliner di Tristar Culinary Institute memang berbeda dengan pelatihan kuliner serupa lainnya. Karena di Tristar Culinary Institute para peserta kursus akan diajarkan dengan metode praktik secara langsung yang disebut dengan metode Hands On.















      Selain itu para peserta akan mendapatkan resep dengan ukuran dan teknik pembuatan yang tepat. Para peserta juga bisa bertanya tentang berbagai hal menyangkut materi yang diajarkan. Maka para pengajar dari Tristar Culinary Institute akan memberikan penjelasannya dengan selengkap-lengkapnya. Dengan metode ini, diharapkan para peserta akan cepat terampil dalam mempraktikkan materi yang diajarkan. Setelah pembagian tugas kepada masing-masing peserta, maka tanpa ragu para peserta segera menuju ke meja praktik yang sudah disediakan bahan dan peralatannya. Para peserta pun segera mempersiapkan seluruh bahan-bahan yang akan digunakan mulai dari membersihkan, memotong dan menimbang bahan-bahannya. Setelah semua peserta mempersiapkan seluruh bahan-bahannya, maka Yanuar pun segera memandu masing-masing peserta untuk proses pembuatan nasi goreng. Proses pembuatan nasi goreng ini pada dasarnya sama, namun yang membedakan adalah bahan dan bumbu yang digunakan. Bahan dan bumbu-bumbu ini tentu saja akan sangat mempengaruhi citarasa yang dihasilkan. Nasi goreng tom yam merupakan nasi goreng yang menggunakan bumbu khusus yaitu tom yam paste serta menggunakan campuran bahan berupa udang dan cumi. Sedangkan nasi goreng XO merupakan nasi goreng yang menggunakan saus XO yang diracik dari beberapa bahan seperti cabai merah, scallop, ebi, teri dan bumbu lainnya. Sesuai dengan namanya, Nasi Goreng Seafood merupakan nasi goreng yang bahannya terdiri dari udang, cumi, bakso ikan dan diracik dengan bahan lainnya. Sedangkan nasi goreng jawa adalah nasi goreng yang diracik sesuai dengan bumbu-bumbu Jawa dan menggunakan bahan berupa taoge, kol dan mi sebagai campurannya. Para peserta pun menyimak setiap langkah-langkah pembuatan nasi goreng dengan antusias. 

Nasi Goreng JAWA





Nasi Goreng TOM YAM





Nasi Goreng  XO






     Setelah semua nasi goreng diolah, Yanuar pun segera mempersilahkan para peserta untuk mencicipi nasi goreng hasil buatannya. Tak hanya itu saja, para peserta pun dapat membawa pulang nasi goreng hasil buatannya. Para peserta pun mengaku cukup puas dengan mengikuti jalannya kursus ini. Hal ini juga diungkapkan Lusi salah seorang peserta asal Surabaya yang mengaku sudah 9 kali mengikuti kursus di Tristar Cooking School. “Saya memang hoby memasak, jadi saya senang ikut kursus seperti ini. Apalagi di Tristar para peserta diajak untuk langsung praktik.”ujarnya usai kursus. Tak hanya diajarkan oleh tenaga yang ahli di bidangnya, kursus di Tristar juga didukung oleh suasana kursus yang menyenangkan. Jadi bagi Anda yang berminat untuk membuka usaha rumahan – Home Insdustry – UKM (Usaha Kecil Menengah), Catering, Toko Roti & Kue serta toko oleh-oleh, segera saja hubungi:


Akademi Kuliner – Tristar Culinary Institute

Program Pendidikan D1,D2 & D3
Jl. Raya Jemursari 234 & 244. 
 Surabaya - Indonesia.
Telp. (62-31) 8433224-8433225,  
Flexi (62-31) 81639992;  
HP: 085731804143 - 0817321024;  
Fax. (62-31) 8432050




Kampus Baru: Jl. Raya Tenggilis No.68 Surabaya

























1 komentar: