Pelatihan Wira Usaha - Kursus Tristar
Jln. Prapen Indah J5
Jln. Raya Rungkut Mapan Blok Fa no 3
Jln. Ruko Panjang Jiwo Permai Blok AB
SURABAYA

Kursus di Surabaya




Jakarta - Kampus Tristar BSD
S1 Culinary Business
Telp: 021-5380668.
HP: 081286358533. PIN BB: 2A96E298.
Fax: 021-53155652.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Serpong - Tangerang

Surabaya - Graha Tristar
Jln. Raya Jemursari 244 Surabaya.
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
D4 Perhotelan & Pariwisata
S2 Pariwisata

West Campus - Gedung IEU
Raya Dukuh Kupang 157B
S1 International Culinary Business


Kampus B Tristar
Kuliah Hemat Biaya
Jl. Kaliwaron 58-60, Surabaya
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
S1 Culinary Business

Informasi
Telp. +62-31 8433224 & 8433225. HP. 08233752227 - 081234506326.
PIN BB: 2A6A1F4E - 2B425821T

Sekolah Kuliner - Akademi Perhotelan - Tristar Culinary Institute



Ice Carving @ Tristar Culinary Institute


Fruit & Vegetable Carving @ Tristar Cooking School



Ekstra Kurikuler Tataboga - SMA Stella Maris




Resep Video Gratis: Cara Membuat Cup Cakes



Cara Membuat Mie - Tristar Culinary Academy



Galeri Foto Akademi Pariwisata Tristar

Pages

Jumat, 19 Agustus 2016

Kursus Masakan Jepang Takoyaki dan Okonomiyaki Bersama Chef Haris Suseno

Kursus Masakan Jepang Bersama Chef Haris Suseno
Awalid9
Peserta Diajarkan Cara Buat Takoyaki dan Okonomiyaki (Pizza Jepang)
LABORATORIUM Praktik Tristar Institute Jl Raya Jemursari No. 234 Surabaya  di lantai 2, kembali menggeliat pada Kamis (11/08/2016) pagi hingga siang hari, untuk menghelat kursus masakan Jepang (Japanese Food).

Pagi itu hadir lima peserta pelatihan masak, yakni Wiwiek Sisyati dan Lilik Perawati (datang dari Gresik), Evi Anggraeny, Alex Kristian dan Satriya F.M. (ketiganya dari Surabaya). Mereka antusias mengikuti kursus Takoyaki dan Okonomiyaki (Pizza Jepang), yang dibimbing langsung oleh chef  Haris Suseno dan asistennya Amrozy.
Sementara itu, sebelum peserta datang, Rosi, sapaan akrab Amrozy, sudah prepare untuk menyiapkan bahan dan bumbu-bumbu untuk memasak Takoyaki dan Okonomiyaki (Pizza Jepang). Rosi juga menyiapkan berbagai peralatan masak termasuk food processor dan blender untuk memroses pembuatan bumbunya.
Kepada peserta pelatihan, chef  Haris Suseno, instruktur masak dari Tristar Institute, menjelaskan berbagai bahan dan bumbu-bumbu untuk memasak Takoyaki dan Okonomiyaki (Pizza Jepang), dari A sampai Z.
Sistem pengajaran langsung praktik dengan dipandu chef Haris Suseno di dampingi asistennya merupakan nilai tambah (added value) bagi peserta untuk cepat menyerap ilmu yang diajarkan oleh ahlinya. 
Untuk membuat Takoyaki ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yakni: (1). Bahan isi yang meliputi squid, shrimp (udang) dan bawang daun. Selain bahan isi, peserta juga dikenalkan bahan untuk membuat adonan dasar Takoyaki yakni: air, konbu, katsuo-bushi, tepung terigu protein rendah, putih telur, kuning telur, margarine, merica, garam dan mayonnaise. 
 
Konbu dan katsu-bushi bisa dibeli di Toko 9 (salah satu unit usaha Tristar Group) yang menyediakan aneka bahan kue dan kuliner di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Cara membuat adonan dasar Takoyaki adalah: (1). Masukkan konbu dalam panci, masak di atas api kecil. Angkat beberapa saat sebelum api mendidih, (2). Campur katsu-bushi dalam rebusan konbu sambil diaduk selama dua menit. Saring dan dinginkan, (3). Campur terigu, telur, garam. Tuang air kaldu, aduk hingga rata. Sisihkan.
Cara membuat  Takoyaki, urutan pekerjaannya meliputi: (1). Tuang adonan Takoyaki pada cetakan yang sudah diolesi dengan margarine hingga penuh, (2). Taburi bagian atasnya dengan rice crispy dan masukkan squid, masak di atas api kecil, (3). Bila sudah setengah matang, balik adonan dengan bantuan tusuk sate atau tusuk besi, dan (4) Masak hingga berwarna coklat. Angkat dan sajikan.
Sementara itu bahan yang dibutuhkan untuk membuat Filling Takoyaki: (i). Chicken Cheese, bahannya meliputi dada ayam giling, tepung terigu, dashi stock, daun bawang, garam, gula, merica, margarine, keju block/parut.
Cara membuat Chicken Cheese: (1). Tumis margarine dan terigu, (2). Masukkan ayam giling, lalu masukkan dashi, (3). Aduk hingga tercampur.
(ii). Seafood Teriyaki, bahannya antara lain: udang yang sudah dibersihkan, cumi, jahe, bawang putih, kikoman (shoyu), dan dashi block.
Cara membuat Seafood Teriyaki: (1). Tumis jahe + bawang putih hingga harum baunya, lalu masukkan dashi block dan kikoman, (2). Bumbui setelah tercampur, kentalkan. Sekadar informasi, untuk resep original membuat Seafood Teriyaki, bahannya adalah cumi (baby octopus) bukan udang (shrimp).
Sementara itu bahan yang dibutuhkan untuk membuat Okonomiyaki adalah terigu protein tinggi (tepung okonomiyaki atau tepung tempura kalau ada), air atau dashi (konbu dan katsuoboshi), kol, telur ayam, daun bawang sesuai selera. Sedangkan untuk bahan isinya meliputi daging, udang atau cumi-cumi (berat dan jumlahnya sesuai selera), saus bulldog, mayonnaise, katsuobushi.
Cara membuat Okonomiyaki: (1). Encerkan tepung dengan air atau dashi yang dibuat dari katsuoboshi dan konbu, aduk-aduk hingga rata tetapi jangan terlalu lama, (2). Tambahkan telur ke dalam adonan, (3). Campurkan irisan kol ke dalam adonan, aduk sedemikian rupa agar udara masuk ke dalam campuran adonan agar hasil gorengan tidak keras.
Selanjutnya (4). Tuang sedikit minyak ke atas penggorengan datar, tuangkan campuran kol dan tepung terigu. Bentuk bulatan dengan diameter sekitar 25 cm dan ketebalan 2,5 cm.

(5). Tunggu hingga bagian bawah adonan matang betul lalu balik dengan menggunakan dua buah sudet secara bersamaan seperti ketika penjual martabak membalik martabak. Kalau ada, pakai kote (sudet untuk menggoreng okonomiyaki) bisa digunakan untuk membalik okonomiyaki. Bagian  paling unik dari memasak okonomiyaki (pizza Jepang) adalah sewaktu membalik okonomiyaki agar tidak patah berantakan.
Langkah berikutnya (6). Tunggu hingga daging matang dan kecilkan api, (7). Olesi atau tuang dengan saus okonomiyaki sesuai selera, (8). Tambahkan mayonnaise Jepang bila suka dan bentuk motif garis-garis agar bagus, (9). Taburkan katsuoboshi dan aonori di atasnya bila suka, dan (10). Potong-potong sewaktu masih berada di atas penggorengan.

Kepada kru www.culinarynews.info, Wiwiek Sisyati dan Lilik Perawati datang dari Gresik, memang sudah diniatkan untuk belajar masakan Jepang, khususnya Takoyaki dan Okonomiyaki (pizza Jepang) kepada ahlinya. ”Kami belajar membuat masakan Jepang ini merupakan penugasan dari Dharma Wanita PT Petrokimia Gresik,” tutur Wiwiek Sisyati di dampingi Lilik Perawati.
Nah, Anda tertarik dengan pelatihan masak di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit, silakan menghubungi Sdri. Fembri, Yarin atau Puput, dari Divisi Front Office (FO) Akpar Majapahit (031) 8433224-5, HP 0817321024, BB 2B4E0E95, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar