Pelatihan Wira Usaha - Kursus Tristar
Jln. Prapen Indah J5
Jln. Raya Rungkut Mapan Blok Fa no 3
Jln. Ruko Panjang Jiwo Permai Blok AB
SURABAYA

Kursus di Surabaya




Jakarta - Kampus Tristar BSD
S1 Culinary Business
Telp: 021-5380668.
HP: 081286358533. PIN BB: 2A96E298.
Fax: 021-53155652.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Serpong - Tangerang

Surabaya - Graha Tristar
Jln. Raya Jemursari 244 Surabaya.
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
D4 Perhotelan & Pariwisata
S2 Pariwisata

West Campus - Gedung IEU
Raya Dukuh Kupang 157B
S1 International Culinary Business


Kampus B Tristar
Kuliah Hemat Biaya
Jl. Kaliwaron 58-60, Surabaya
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
S1 Culinary Business

Informasi
Telp. +62-31 8433224 & 8433225. HP. 08233752227 - 081234506326.
PIN BB: 2A6A1F4E - 2B425821T

Sekolah Kuliner - Akademi Perhotelan - Tristar Culinary Institute



Ice Carving @ Tristar Culinary Institute


Fruit & Vegetable Carving @ Tristar Cooking School



Ekstra Kurikuler Tataboga - SMA Stella Maris




Resep Video Gratis: Cara Membuat Cup Cakes



Cara Membuat Mie - Tristar Culinary Academy



Galeri Foto Akademi Pariwisata Tristar

Pages

Senin, 05 September 2016

Chef Masario Berbagi Ilmu Cara Bikin Mie Hot Plate Lada Hitam, Ayam Kungpao, Ayam Jamur dan Tom Yum

Chef Masario Berbagi Ilmu Cara Bikin Mie Hot Plate Lada Hitam, Ayam Kungpao, Ayam Jamur dan Tom Yum
MEMASUKI pekan terakhir bulan Agustus 2016, Lembaga Kursusan Tristar ketempatan untuk melayani peserta pelatihan membuat mie hot plate -- lada hitam, ayam kungpao, ayam jamur dan tom yum-- pada Rabu (24/08/2016).

Instruktur pelatihan mie hot plate dari Akpar Majapahit, chef  Masario Wahyu Saputro, SKG, AMd.Par., kemarin, berbagi ilmu dengan lima orang peserta pelatihan, yakni Sakhi Herwiana (Jombang), Moh. Ilham (Cerme, Gresik), Baddrudin (Kudus), Siti Nurhayati dan Victor Adwin (keduanya dari Surabaya), di Dapur Uji Kursusan Tristar Jl Prapen Indah J-5 Surabaya.
Dalam pelatihan itu, chef Ario, sapaan karib Masario Wahyu Saputro, mengawali pelatihan mie hot plate kepada peserta kursusan dengan menjelaskan tentang bahan yang digunakan mulai bahan masakan, bahan saus, bahan isi hingga cara membuatnya.
Pengetahuan bahan memasak mie hot plate ini penting bagi Anda yang memang tertarik untuk merintis usaha  resto & café di rumah maupun pusat perbelanjaan atau mall.
Menurut chef Ario, membuat mie hot plate tom yum yang citarasanya  seperti aslinya, Anda bisa membeli tom yum pasta yang diimpor dari Thailand, fish gravy, chicken powder dan maizena. Keempat bahan  ini bisa Anda dapatkan di Toko 9 (toko bahan masak memasak dan bahan kue yang masih satu grup dengan Tristar Institute).
Sementara itu untuk bumbu pendukung lainnya, seperti bawang putih, bawang merah, jahe, sereh, cabe rawit, daun jeruk, akar daun ketumbar, laos, jeruk nipis bisa dicari di pasar-pasar tradisional maupun swalayan.
Begitu juga untuk membuat mie hot plate lada hitam, selain pemilihan daging sapinya, Anda harus memerhatikan soal penyediaan bahan yang lain seperti paprika, bawang bombay, tomato ketchup, raja rasa, vetcin, knorr, dark soy sauce, dan maizena untuk membuat saus lada hitam yang lezat dengan daging sapinya yang empuk.
Demikian juga saat mempraktikkan cara membuat mie hot plate ayam kungpao dan mie hot plate ayam jamur, chef Ario me-wanti-wanti peserta pelatihan untuk cermat dalam memilih bahan hingga proses membuatnya.
”Silabus cara membuat mie hot plate yang Anda pegang ini –berupa lembar fotokopian—paling tidak bisa menjadi pegangan Anda ketika diajarkan di kelas memasak. Namun dalam praktiknya ada beberapa modifikasi sesuai selera,” terang chef Aryo saat diskusi dengan peserta usai pelatihan tersebut.
Kepada kru www.culinarynews.info, Moh. Ilham, pengelola resto skala rumahan di Cerme Kabupaten Gresik, menyatakan keinginannya untuk menambah sajian menu baru di warungnya.
”Selama ini saya hanya menyediakan beberapa menu andalan terutama chicken steak dan minuman khas Gresik,” ujarnya Moh. Ilham, setelah dirinya belajar mie hot plate (lada hitam, ayam kungpao, ayam jamur dan tom yum) di Dapur Uji KursusanTristar bersama chef Masario dan Muharram, asistennya.
Moh. Ilham bersama empat koleganya yang lain –Baddrudin, Victor Adwin, Sakhi Herwiana dan Siti Nurhayati-- tampak serius mencatat penjelasan dari pihak instruktur maupun ketika mempraktikkan cara membuat mie hot plate yang diajarkan selama praktik di dapur uji Kursusan Tristar, kemarin.
Untuk mengembangkan usahanya di masa mendatang, pihaknya juga memperhatikan aspek manajemen usaha, permodalan, pemilihan menu makanan, promosi dan marketing hingga pemilihan tempat usaha juga punya andil besar dalam memuluskan bisnis café-nya.
Hal senada juga disampaikan Baddrudin yang belajar membuka resto & café di Kudus (Jateng) dengan menu chicken steak, beef steak dan aneka olahan bebek. Dengan mengikuti pelatihan mie hot plate ini, hobinya memasak (kuliner) tetap tersalurkan, juga belajar menu baru untuk menambah ragam menu di resto & café yang dirintisnya.  
”Dari bekal pelatihan ini saya ingin menu mie hot plate bakal booming di daerah Kudus dan sekitarnya mengingat pesaingnya belum ada,” kata Baddrudin, yang sudah mengikuti kursus tiga kali belajar masak di Akpar Majapahit.
Peserta juga mengaku tidak kesulitan mencerna penjelasan dari pihak instruktur. Nilai plus yang lain, peserta juga diberi beberapa trik dan tips membuat mie hot plate ala resto oleh chef Masario Wahyu Saputro.
Anda berminat belajar membuat mie hot plate ala resto untuk usaha, silakan menghubungi Sdri. Fembri, Yarin dan Puput dari Divisi Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar