Pelatihan Wira Usaha - Kursus Tristar
Jln. Prapen Indah J5
Jln. Raya Rungkut Mapan Blok Fa no 3
Jln. Ruko Panjang Jiwo Permai Blok AB
SURABAYA

Kursus di Surabaya




Jakarta - Kampus Tristar BSD
S1 Culinary Business
Telp: 021-5380668.
HP: 081286358533. PIN BB: 2A96E298.
Fax: 021-53155652.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Serpong - Tangerang

Surabaya - Graha Tristar
Jln. Raya Jemursari 244 Surabaya.
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
D4 Perhotelan & Pariwisata
S2 Pariwisata

West Campus - Gedung IEU
Raya Dukuh Kupang 157B
S1 International Culinary Business


Kampus B Tristar
Kuliah Hemat Biaya
Jl. Kaliwaron 58-60, Surabaya
D3 Tataboga, Perhotelan & Pariwisata
S1 Culinary Business

Informasi
Telp. +62-31 8433224 & 8433225. HP. 08233752227 - 081234506326.
PIN BB: 2A6A1F4E - 2B425821T

Sekolah Kuliner - Akademi Perhotelan - Tristar Culinary Institute



Ice Carving @ Tristar Culinary Institute


Fruit & Vegetable Carving @ Tristar Cooking School



Ekstra Kurikuler Tataboga - SMA Stella Maris




Resep Video Gratis: Cara Membuat Cup Cakes



Cara Membuat Mie - Tristar Culinary Academy



Galeri Foto Akademi Pariwisata Tristar

Pages

Senin, 05 September 2016

Kursus Masak Bakso di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit Bersama Chef Ari Purwanto

Kursus Masak Bakso di  Laboratorium Praktik Akpar Majapahit
A
Chef Ari Purwanto Berbagi Cara Buat Bakso Halus, Bakso Kasar, Siomay, Tahu Bakso, Kuah dan Sambal Bakso
CHEF Ari Purwanto ST.Par., MM., kembali berbagi ilmu membuat aneka bakso kepada enam orang peserta kursus aneka bakso di dapur kuliner 1 Laboratorium Praktik Akpar Majapahit, lantai 3 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Sabtu (20/08/2016).

Peserta kursus aneka bakso itu adalah Ira Supriati (Malang), Achmad Faisol (Pamekasan), Evi Herawati (Tuban), Nur Hani Maulida (Kota Baru Driyorejo Gresik),  Yala Nurmala Devy dan Widyawati Koeswandhy (keduanya dari Surabaya). Mereka antusias datang ke Laboratorium Praktik Akpar Mahapahit untuk belajar membuat bakso halus, bakso kasar, siomay, tahu bakso, kuah bakso dan sambalnya dari ahlinya langsung.
Pelatihan masak aneka bakso --yang meliputi  enam resep-- dengan  dibimbing langsung oleh instruktur berpengalaman dari Laboratorium Praktik Akpar Majapahit chef Ari Purwanto. Selama membimbing peserta kursus aneka bakso, chef Ari, sapaan akrabnya, dibantu Tri Setiawan dan Junaidi Rumasoreng, asistennya.
Kepada kru www.culinarynews.info, Nur Hani Maulida dari Kota Baru Driyorejo (Gresik) menuturkan, tekadnya datang ke Surabaya dari Driyorejo ingin belajar aneka bakso mulai bakso halus, bakso kasar, siomay, tahu bakso, kuah bakso dan sambalnya di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit, karena sudah mencoba resep membuat aneka bakso dari berbagai sumber hasilnya belum memuaskan.
”Terus terang saya ini termasuk penyuka bakso, tetapi setiap kali mencoba membuat sendiri dengan resep yang saya peroleh dari berbagai sumber ternyata hasilnya koq masih belum memuaskan, Penasaran dengan realitas tersebut, saya memutuskan belajar saja kepada ahlinya di Akpar Majapahit,” terang Nur Hani Maulida kepada kru www.culinarynews.info, Sabtu (20/08/2016) siang.
Perempuan berparas ayu dengan hijabnya itu  pun bertekad membuat sajian aneka bakso yang berbeda dengan yang biasa dibuatnya di rumah, baik dari aspek cita rasa, tekstur hingga cara penyajiannya, setelah belajar di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit Surabaya.
Nah jika bakso hasil kreasi saya ini nanti cita rasanya sudah oke, tidak menutup kemungkinan saya ingin buka café & resto di kawasan Driyorejo atau lokasi lain yang strategis,” ujar ibu muda berparas cantik tersebut.
Sementara itu, owner Widya.s Health & Beauty, Widyawati Koeswandhy antusias belajar membuat aneka bakso di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit  karena wanita paro baya ini ingin terus berkarya demi mengapresiasi hobinya masak memasak (kuliner) dengan memperbanyak menu masak yang saat ini dikuasainya.
Tidak hanya Nur Fani Maulida dan Widyawati yang bersemangat mengikuti praktik masak aneka bakso, peserta lain seperti Ira Suprianti (Malang), Evi Herawati (Tuban), Yala Nurmala Devy (Surabaya) dan Achmad Faisol (Pamekasan) juga semakin termotivasi belajar membuat satu paket lengkap bakso  dari A sampai Z.
Antusiasme itu tumbuh setelah mendapat banyak masukan dari chef Ari Purwanto, yang tidak pelit berbagi ilmu selama kursus masak aneka bakso. Instruktur  masak yang berpenampilan kalem ini bahkan memberikan tips dan trik bagaimana membuat bakso yang enak untuk komersial dan disuka konsumen.
Selama kursus aneka bakso, chef Ari juga menjelaskan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso yang kenyal, kuah daging sapinya jernih dan citarasanya  sedap mengingat kaldunya hasil dari memasak tulang kaki (sengkel) sapi.
Pada saat kursus aneka bakso ini, peserta diajarkan cara membuat bakso halus dari daging sapi dan bakso kasar (memadukan adonan daging halus dan tetelan daging sapi yang dicincang kecil-kecil).
Selain bakso, peserta juga belajar membuat siomay (isinya berupa olahan udang, ikan tengiri dan tepung yang sudah dibumbui plus irisan wortel, bawang prei dan kentang), membuat tahu bakso (isinya dari hasil olahan udang, ikan tengiri dan tepung yang sudah diberi bumbu ditambah irisan wortel, bawang prei dan kentang).
”Setelah selesai membuat bakso halus, bakso kasar, siomay dan tahu bakso, peserta kursus juga saya ajarkan bagaimana membuat kuah bakso yang sedap. Selain kuah bakso, saya juga mempraktikkan cara membuat sambal bakso yang teksturnya masih kasar sebagai ciri khas sambal tradisional warisan nenek moyang,” ujar chef Ari, yang sehari-hari menjadi dosen pada Prodi Culinary Akpar Majapahit.
Kaldu dari tulang kaki (sengkel) sapi yang dimasak beberapa jam sebelumnya menjadi pilihan utama demi mendapatkan citarasa kuah bakso yang sedap apalagi setelah ditambahkan bawang putih goreng, minyak bawang putih dan bumbu lainnya.
Untuk  membuat bakso yang kenyal dan enak rasanya, selain faktor pemilihan daging, bahan pengenyal daging,  tepung dan bahan pendukung lainnya seperti chicken powder dan bumbunya (bisa Anda beli di Toko 9), juga cara pengolahannya punya peranan penting.
”Penambahan bahan pengenyal daging –bisa Phosmix MP atau Sodium Tripoly Phosphate (STPP)—dan es batu 100 gram saat membuat adonan daging sapi untuk membuat bakso halus, akan menghasilkan pentol bakso yang kenyal, bertekstur halus dan enak rasanya,” terang chef Ari Purwanto.
Begitu juga penggunaan Soda Kie S dan Soda Kie P yang bersifat sebagai pembantu pembentukan gluten sehingga tidak terasa keras tetapi kenyal. Pengaplikasian bahan pengenyal Sodium Tripoly Phosphate (STPP) atau Phosmix MP 2,5 gram berfungsi sebagai pengenyal daging sehingga adonan daging utuk bakso halus yang diolah dengan mesin food processor tidak mudah menjadi bubur. Selamat mencoba!
Sebagai tambahan informasi, jika Anda tertarik untuk membeli mesin pembuat penthol bakso dan food processor –karena kapasitas produksi meningkat pesat—maka Anda bisa mengunjungi outlet Tristar Machinery di Jl Raya Jemursari No. 234 Surabaya untuk memenuhi kebutuhan usaha Anda.
Nah, jika Anda tertarik menjadi peserta kursus wirausaha di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit, silakan menghubungi Sdri Fembri, Yarin dan Puput dari Divisi Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar